5 Cara Latihan Gerakan Yoga untuk Pemula

Jakarta – Yoga menjadi satu di antara olahraga yang sering jadi pilihan banyak kalangan dari segala usia. Ada yang melakukannya sendiri di rumah maupun di pusat kebugaran.

Terlebih lagi, saat ini sudah ada banyak tempat yang menyediakan latihan yoga khusus beserta pemandu atau instrukturnya.

Yoga merupakan jenis aktivitas fisik yang sudah ada sejak lama. Yoga diawali dari kebudayaan India kuno yang muncul sekitar 3000 SM dan dipercaya sebagai sistem kesehatan yang menyeluruh.

Banyak orang memilih olahraga ini karena dapat menimbulkan rasa damai dan tenang pada seseorang yang melakukannya.

Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, yoga terdiri dari kombinasi latihan pernapasan, beberapa gerakan dan postur, serta meditasi.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan yoga. Utamanya dapat menjaga kesehatan fisik dan mental.

Lantas, bagaimana cara melakukan latihan yoga bagi mereka yang baru saja ingin memulainya?

Berikut ini beberapa cara latihan yoga untuk pemula, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (12/7/2022).

Cara Melakukan Yoga untuk Pemula

1. Cari Informasi yang Memadai

Sebelum mencoba latihan, Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah lebih dulu melakukan yoga, misalnya saudara, teman, atau mungkin instruktur yoga.

Anda bisa menanyakan hal seperti pola latihan dan memilih tempat latihan yang sesuai. Mungkin Anda juga bisa mengajak teman atau kerabat untuk berlatih bersama sehingga bisa saling memotivasi.

Kemudian pada kondisi kesehatan tertentu, misalnya sedang hamil, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mulai berlatih yoga.

2. Coba Berbagai Jenis Yoga

Dengan banyaknya jenis yoga, tidak ada salahnya mencoba satu persatu. Mencoba secara langsung membuat Anda dapat langsung merasakan sensasi latihan yoga dan manfaatnya bagi tubuh.

Anda bisa melakukannya secara bertahap, sampai menemukan yang paling cocok bagi target kesehatan. Mengingat Anda adalah pemula, jangan langsung melakukan gerakan-gerakan yoga yang ekstrem terlebih dahulu.

Sebagai contooh, jika Anda menyukai gerakan yang dinamis, bisa mencoba acro yoga atau budokon yoga. Sedangkan, Anda bisa memilih iyengar yoga jika suka menggunakan peralatan tambahan dalam latihan, sehingga dapat menyempurnakan gerakan.

3. Sesuaikan Waktu Latihan

Durasi waktu latihan yoga dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung tujuan dan kemampuan tubuh masing-masing. Namun, sebaiknya yoga dilakukan paling tidak satu jam setiap sesinya, sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Sesuaikan durasi waktu latihan dengan kemampuan Anda secara bertahap. Jika sudah merasa lelah atau sakit, jangan memaksakan diri. Jangan samakan kemampuan Anda dengan orang lain.

4. Siapkan Peralatan sebelum Latihan

Matras yoga adalah peralatan dasar yang biasanya digunakan untuk latihan yoga. Maka itu, pastikan Anda berlatih yoga di atas matras. Gunakan matras dengan ukuran yang sesuai dan berbahan tidak licin.

Pemilihan bahan matras ini berguna untuk menurunkan risiko cedera saat latihan. Selain itu, gunakan pakaian yang tidak membatasi ruang gerak saat latihan. Terakhir, pastikan pula pakaian Anda menyerap keringat dengan baik.

5. Berlatih dengan Instruktur Yoga

Bila perlu, Anda bisa berlatih bersama instruktur yoga. Hal ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di pusat kebugaran atau tempat yang menyediakan kegiatan latihan yoga. Pastikan Anda memilih instruktur yoga yang bersertifikat resmi.

[ Terimakasih Telah Membaca Artikel Kami ]

Apakah Anda Tertarik Produk Stainless Steel? Kami siap membantu!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.