Cara Membuat Poster yang Baik dan Menarik Perhatian Khalayak

Jakarta – Poster merupakan sebuah karya seni yang berfungsi sebagai media publikasi untuk memberikan informasi, promosi, iklan, atau pengumuman kepada banyak orang dalam bentuk gambar dan tulisan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, poster memiliki fungsi utama yakni memberikan informasi. Biasanya poster dijadikan sebagai sarana media mempromosikan jenis-jenis produk, kegiatan sosial, pendidikan, ataupun berbagai hal lainnya.

Biasanya poster dapat dijumpai di tempat yang ramai dan strategis, seperti sekolah, kantor, pasar, mal, dan tempat-tempat keramaian lainnya. Hal ini agar bisa menarik perhatian khalayak dan dibaca oleh masyarakat luas karena sifatnya adalah mengajak.

Namun, dengan perkembangan teknologi, ada juga poster yang diunggah di berbagai media, lebih banyaknya di media sosial karena lebih efektif.

Itulah mengapa, poster harus terlihat bagus dan bisa dinikmati oleh orang lain supaya enak dipandang.

Berikut ini rangkuman cara membuat poster yang baik dan menarik perhatian banyak orang, dikutip dari laman sis.binus.ac.id, Jumat (8/7/2022).

Jarak Pandang dan Pemilihan Font

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah jarak pandang. Poster yang akan dibuat harus bisa dibaca oleh orang lain dengan jarak yang normal atau wajar.

Teks yang ditampilkan pada poster terdapat tiga lapisan yang berbeda. Di lapisan pertama (judul), harus dibuat dengan ukuran paling besar dibandingkan dengan lapisan lainnya dan pilihan font-nya bisa dibaca dan menarik perhatian.

Kemudian pada lapisan kedua berisi perincian informasi dengan font yang lebih kecil daripada lapisan pertama. Terakhir, pada lapisan ketiga berisi detail lain yang terdapat pada bagian bawah dengan font yang lebih kecil.

Pemilihan Warna

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat poster ialah pemilihan warna. Pilih warna sesuai jenis poster yang akan dibuat atau bisa disesuaikan dengan tema yang dapat menjadi identitas.

Contohnya saat membuat poster tentang lingkungan, umumnya warna yang bisa dipakai adalah warna hijau.

Pemilihan warna yang tepat dapat membuat orang bisa membedakan poster, membangkitkan energi, meningkatkan mood hingga menarik untuk dilihat mata. Kamu bisa mencari referensi mengenai color palette.

Desain Poster yang Minimalis

Desain poster yang minimalis lebih membangkitkan minat pembaca. Poster tidak harus ramai, satu kata atau gambar dramatis dapat berkomunikasi jauh daripada menggunakan banyak kata atau gambar.

Jadi, dalam membuat poster jangan bertele-tele, langsung pada intinya saja sehingga tidak membuat orang yang membaca menjadi bingung.

Target Audiens

Desain poster yang akan buat harus disesuaikan dengan target audiens yang dituju. Semisal akan membuat poster lomba untuk mahasiswa, tentunya desain poster dari segi demografis dan psikografis harus disesuaikan dengan dunia kampus.

Dengan begitu, poster yang dibuat dapat meningkatkan minat para mahasiswa untuk membaca atau melihat poster yang dibuat.

[ Terimakasih Telah Membaca Artikel Kami ]

Apakah Anda Tertarik Produk Stainless Steel? Kami siap membantu!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.