6 Cara Mengatasi Badan Lemas di Kantor setelah Olahraga Pagi

Jakarta – Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk saat dilakukan di pagi hari. Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar serta berenergi, olahraga yang dilakukan di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati.

Meski memiliki segudang manfaat, tidak jarang orang yang justru merasakan badan lemas setelah melakukan olahraga di pagi hari.

Hal ini tentu saja mengganggu berbagai aktivitas yang akan dilakukan di sepanjang hari, terutama bagi mereka yang memiliki rutinitas bekerja.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar badan tidak lemas setelah melakukan olahraga di pagi hari.

Dengan menerapkan cara tersebut, tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan terhindar dari lemas sehingga pekerjaan di kantor bisa dikerjakan dengan tetap maksimal.

Berikut enam cara mengatasi badan lemas di kantor setelah olahraga pagi, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (29/6/2022).

Cara Mengatasi Badan Lemas di Kantor Setelah Olahraga Pagi

1. Banyak minum air mineral

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada 2012 menyatakan bahwa penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5 persen akan mengakibatkan kekacauan mood dan badan lemas.

Minum air lebih banyak dapat mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh, terutama bagi Anda yang baru saja melakukan olahraga di pagi hari. Setidaknya minimal delapan gelas sehari tercukupi. 

2. Konsumsi makanan sumber vitamin B12

Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik.

Ketika kekurangan vitamin B12, Anda akan mengalami badan lemas. Sumber vitamin B12 bisa Anda dapatkan dari sarden, ikan salmon, ikan tuna, daging sapi hingga susu.

3. Kelola stres

Stres berkepanjangan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat dan bertahan dalam waktu yang lama. Kondisi ini yang menyebabkan orang kurang bersemangat hingga merasakan badan lemas.

Atasi kondisi dengan melakukan meditasi selama 15 menit setiap hari. Pusatkan perhatian pada napas dan tubuh Anda.

Hal ini bisa Anda lakukan sebelum berolahraga di pagi hari. Selain bisa menghindarkan stres, meditasi bisa menambah tenaga Anda saat berolahraga.

4. Konsumsi bahan makanan sumber zat besi

Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen.

Kekurangan zat besi dapat menghambat pasokan hemoglobin dalam darah sehingga Anda merasakan badan lemas, pucat serta sering pusing, terutama setelah berolahraga.

Maka itu, konsumsi makanan sumber zat besi tinggi, seperti telur, madu, selai kacang, dan lain sebagainya. Suplemen multivitamin penambah darah juga bisa dikonsumsi jika diperlukan.

5. Tidur cukup

Kurang tidur atau bahkan terlalu banyak tidur merupakan satu di antara penyebab badan lemas. Tidurlah dengan lama jam tidur paling ideal, yakni delapan jam tidur dalam sehari atau disesuaikan dengan kondisi biologis masing-masing.

6. Perbanyak buah dan sayur

Daripada mengonsumsi gula dan kopi untuk mengatasi badan lemas, lebih baik Anda mengonsumsi buah, sayur dan protein. Dengan demikian, rasa badan lemas dapat berkurang.

Cara ini sekaligus menghindarkan Anda dari risiko obesitas yang merupakan penyebab terbesar badan lemas.

[ Terimakasih Telah Membaca Artikel Kami ]

Apakah Anda Tertarik Produk Stainless Steel? Kami siap membantu!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.