8 Cara agar Tidak Mudah Lemas saat Kerja Lembur

Jakarta – Ada berbagai keluhan yang biasa dialami oleh pekerja saat mereka harus melakukan lembur, satu di antaranya adalah badan lemas.

Banyak pekerja yang harus tetap tinggal di kantor, kendati jam kerja mereka sudah usai. Hal seperti itu biasanya dilakukan karena kerjaan yang masih menumpuk atau belum selesai.

Seseorang dikatakan kerja lembur atau overtime bila bekerja lebih dari 40 jam per minggu atau lebih dari delapan jam tiap shift.

Munculnya rasa lemas di saat kerja lembur merupakan suatu hal yang wajar karena kita harus memaksa tubuh untuk bekerja sedikit di luar kapasitasnya.

Bekerja lembur terus-menerus dan kurang istirahat bisa berdampak pada kesehatan tubuh, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Badan lemas menjadi satu di antara dampak yang pasti terjadi. Jika kerja lembur tidak dapat dihindari, Anda bisa melakukan beberapa untuk mengatasai badan lemas.

Berikut delapan cara agar tidak mudah lemas saat kerja lembur, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (10/6/2022).

Cara agar Tidak Mudah Lemas saat Kerja Lembur

1. Minum Air yang Cukup 

Air merupakan hal penting untuk metabolisme tubuh Anda. Dengan meminum air yang cukup, racun di dalam tubuh akan dievakuasi keluar tubuh dan menjaga agar tubuh tetap fit.

Jika Anda bekerja dengan waktu tambahan hingga larut malam, tubuh hanya mendapatkan sedikit waktu istirahat. Hidrasi tubuh penting dalam hal ini. Anda dapat mencukupinya dengan minum air putih 2-3 liter per hari.

Tubuh yang selalu terhidrasi dengan baik akan terasa lebih segar sehingga bebas dari badan lemas. Jadi, mencukupi kebutuhan cairan dapat dilakukan sebagai cara mengatasi badan lemas.

2. Menjaga Pola Makan yang Baik

Orang yang bekerja lembur sering kali memiliki pola makan yang tidak teratur dan kurang memperhatikan kandungan gizi di dalam makanannya. Padahal, makanan sangat penting karena berperan sebagai bahan bakar untuk berbagai aktivitas tubuh.

Meski sedang lembur, Anda harus tetap menjaga pola makan tetap teratur. Makanlah tiga kali sehari dengan makan makanan bergizi seimbang.

Selain itu, perbanyak kandungan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh.

3. Memilih Camilan Sehat 

Jika ingin terhindar dari badan lemas saat bekerja di malam hari, sebaiknya hindari makanan besar yang banyak mengandung karbohidrat dan gula. Anda dapat memilih camilan sehat, seperti buah-buahan atau yoghurt.

Selain makan teratur sebanyak tiga kali sehari, Anda dapat mengonsumsi camilan dua kali sehari di antara dua jadwal makan utama.

4. Istirahat Cukup

Badan lemas setelah kerja lembur bisa terjadi akibat istirahat yang kurang. Cara mengatasinya adalah dengan istirahat sejenak selama 15-20 menit di tengah istirahat kerja Anda. Dengan begitu, Anda bisa tetap menjaga performa fisik dan mental yang prima dalam bekerja.

Selain itu, untuk mendapatkan istirahat yang cukup, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Hindari membawa pekerjaan hingga ke rumah.
  • Usahakan untuk mendapatkan tidur malam selama 7-8 jam per hari.
  • Lakukan sleep hygiene, seperti berdoa sebelum tidur, mematikan lampu kamar, dan tidak melihat layar gawai sesaat sebelum tidur.

5. Konsumsi Suplemen Pendamping

Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang berisi multivitamin dan mineral saat bekerja lembur untuk mencegah badan lemas.

Kebutuhan vitamin apa yang diperlukan bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sesuai kondisi kesehatan Anda masing-masing.

6. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur 

Cara mengatasi badan lemas akibat kerja lembur berikutnya adalah melakukan aktivitas fisik. Hal ini memang sulit dilakukan di tengah himpitan pekerjaan dan padatnya jadwal. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya sama sekali.

Jika Anda bekerja sambil duduk, berdirilah dari posisi duduk, dan lakukan peregangan ringan agar otot-otot di tubuh Anda menjadi lebih rileks. Hal ini akan membuat Anda menjadi berpikiran jernih dan energik dalam setiap tindakan. 

Langkah ini juga harus dilakukan saat bekerja di siang hari agar kesehatan mata, pikiran, dan tubuh terjaga. Anda dapat melakukan jalan santai ketika pergi ke kantor, atau menggunakan tangga ketimbang elevator. 

7. Konsumsi Kafein yang Cukup 

Kandungan manfaat dalam kopi dan beberapa minuman berkafein lainnya tidak hanya membuat Anda terjaga. Sedikit asupan kopi ataupun teh dapat membantu Anda lebih fokus, energik, dan meningkatkan performa kerja.

Namun, yang harus diperhatikan adalah takaran ideal konsumsi kopi, yaitu 2-3 gelas per hari. Dengan takaran ideal ini, kandungan antioksidan pada kopi dapat bekerja secara optimal untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Badan lemas pun dapat dicegah.

8. Rehat Akhir Pekan

Seseorang harus menyadari bahwa tubuh berhak mendapat waktu untuk istirahat sejenak. Selain melepas penat, istirahat membantu Anda terhindar dari efek kerja lembur, seperti badan lemas.

Beristirahat dengan sebaik-baiknya adalah suatu keharusan karena akan membuat semangat dan stamina Anda kembali normal. Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran adalah hal terpenting usai Anda bekerja lembur.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.