Pengertian Podcast, Sejarah, Jenis, Manfaat, Kelebihan, dan Cara Membuatnya

Jakarta – Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan melalui internet. Podcast hampir mirip seperti siaran radio.

Saat ini banyak konten podcast berseliweran di media internet. Podcast lebih fleksibel dan intens dibandingkan siaran radio pada umumnya.

Podcast bisa diimplementasikan secara fleksibel atau kapan pun diinginkan. Alhasil para pendengar bisa mendengarkan siaran podcast melalui berbagai media elektronik yang ada.

Perkembangan podcast mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat di beberapa tahun terakhir ini karena sifatnya on-demand.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang podcast. Untuk lebih jelasnya bisa mengetahui sejarah hingga cara membuatnya.

Berikut ini pembahasan mengenai podcast mulai sejarah, jenis hingga cara membuatnya, seperti dilansir dari laman Kamusnetizen dan Voffice, Sabtu (11/6/2022).

Sejarah Istilah Podcast

Istilah podcast pertama kali diusulkan oleh jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, pada 2004. Kata ‘podcast’ merupakan singkatan dari play-on-demand dan broadcast.

 Ungkapan tersebut kemudian diadopsi oleh produk dari Apple, yakni iPod dan aplikasi Apple Podcasts.

Sekitar satu tahun sejak Apple merilis fitur podcast pada 2005, siaran audio sudah mulai bermunculan dari berbagai jaringan radio, seperti BBC, CBC Radio One, NPR, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Podcast

– Interview Podcast

Interview Podcast merupakan jenis podcast di mana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya.

– Solo Podcast

Solo Podcast merupakan jenis podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan solo podcast, yakni untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab.

Jadi, jenis podcast tersebut hanya dilakukan oleh host dan pendengar.

– Multi Host Podcast

Multi Host Podcast merupakan jenis podcast yang host-nya lebih dari satu orang. Tujuan multi host podcast adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda.

Host dalam jenis podcast ini akan mengembangkan diskusi menjadi lebih menarik. Dengan diskusi yang menarik tentunya pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri.

Kian dalam pembahasan yang disampaikan maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast.

Manfaat dan Kelebihan Podcast

Podcast memiliki beberapa manfaat seperti bisa diakses kapan pun dan pendengar dapat mengatur topik dari tayangan audio yang diinginkan. Selain itu, ada beberapa kelebihan podcast, yaitu:

  • Banyak pilihan topik, podcast memiliki banyak topik bahasa yang digunakan, mulai kategori komedi, musik, film, politik.
  • Tidak menayangkan iklan. Berbeda dengan radio yang selalu menyelipkan iklan, podcast tidak memiliki iklan maka mendengarkan kontennya akan terasa lebih nyaman dan fokus.
  • Fleksibel dan bisa didengarkan di mana saja, podcast dapat didengar tanpa batasan waktu dan tempat. Podcast juga dapat diakses ketika berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan.

Cara Membuat Podcast Sendiri

Berikut ini beberapa cara untuk membuat podcast dengan mudah:

  • Menentukan tema

Banyak podcast ditayangkan secara massal melalui layanan musik digital. Beberapa media podcast biasanya menyediakan tayangan berdasarkan kategori semacam komedi, berita politik, komentar olahraga, musik, film, dan lain-lain. Pilihlah topik atau niche yang sesuai dengan ketertarikan dan penguasaan materi.

  • Menyiapkan tempat

Siapkan tempat/studio khusus yang kedap suara agar saat recording podcast tidak ada noise (gangguan).

  • Menyiapkan peralatan

Beberapa peralatan podcast yang perlu disiapkan antara lain microphone, audio recording, software editing, dan lain-lain. Tentukan peralatan sesuai kebutuhan.

  • Menentukan niche

Pilih niche podcast dengan memilih topik yang dikuasai agar mempermudah dalam proses pembuatan podcast.

  • Menguasai materi

Kuasai materi yang akan dibawakan sebelum merekam. Lebih baik lagi jika membuat naskah untuk lebih memperlancar proses rekaman.

  • Edit hasil podcast

Maksimalkan hasil recording yang telah jadi, ini berfungsi untuk mempertahankan volume yang konsisten, menambahkan intro dan outro, memperbaiki kesalahan dan menghilangkan celah udara kosong.

Aplikasi yang bisa digunakan ialah Audacity, Adobe Audition atau GarageBand.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.