5 Cara Meringankan Gangguan Bipolar secara Alami, Mudah Diterapkan

Jakarta – Gangguan bipolar adalah satu di antara jenis penyakit mental yang memengaruhi suasana hati. Pengidap gangguan bipolar akan mengalami perubahan emosional yang drastis.

Perubahan emosional penderita bipolar bisa secara tiba-tiba merasa sangat bahagia kemudian berubah menjadi sangat sedih. Mengalami gangguan bipolar jelas sangat tidak nyaman dan melelahkan, baik mental maupun fisik.

Gangguan bipolar bisa berlangsung selama beberapa hari, bahkan hingga beberapa bulan. Jika tidak diatasi, jenis penyakit mental ini tidak hanya merugikan diri orang yang mengidap gangguan bipolar, tetapi juga orang lain di sekitarnya.

Apalagi gangguan bipolar tidak benar-benar bisa disembuhkan. Meski begitu, ada beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk meringankan gangguan bipolar.

Berikut ini beberapa cara meringankan gangguan bipolar secara alami yang bisa diterapkan dengan mudah, disadur dari Merdeka, Kamis (9/6/2022).

Cara Meringankan Gangguan Bipolar secara Alami

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Untuk mencegah gangguan bipolar menjadi lebih buruk, pengidap dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa pola hidup sehat yang diterapkan seperti makan makanan dan camilan pada waktu yang ditentukan sepanjang hari.

Pola hidup sehat lainnya ialah dengan meningkatkan asupan sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Kemudian jangan lupa terapkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam, dan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

  1. Konsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan adalah sumber umum dari dua di antara tiga jenis utama asam lemak omega-3, seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Asam lemak ini mampu memengaruhi bahan kimia di otak, yang terkait dengan gangguan bipolar.

Selain itu, asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi iritabilitas dan agresi, menjaga stabilitas suasana hati, mengurangi gejala Depresi, serta meningkatkan fungsi otak pada penderita gangguan bipolar.

3. Lakukan Aktivitas yang Membahagiakan

Cara menyembuhkan penyakit bipolar selanjutnya ialah dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas tertentu, seperti membaca, mendengarkan musik, atau membuat kue.

Cari ini akan membantu Anda untuk meningkatkan perasaan yang jauh lebih baik lagi.

4. Tetap Aktif

Para peneliti dari studi yang dirilis oleh Journal of Science and Medicine in Sport menyatakan bahwa melakukan olahraga tertentu dapat membantu meringankan gejala depresi.

Anda bisa mencobanya dengan olahraga ringan, seperti jalan santai, joging, atau bersepeda dengan intensitas rendah hingga sedang. Untuk hasil terbaik, para ahli menyarankan untuk berolahraga setidaknya tiga hingga empat hari per minggu selama 30 hingga 40 menit.

5. Meditasi

Cara mengurasi gangguan bipolar yang kelima bisa melalui meditasi menggunakan pendekatan terapi kognitif. Orang yang bermeditasi dengan terapi ini akan memperlihatkan penurunan depresi.

Menurut Behavior Research and Therapy, makin mereka bermeditasi, makin sedikit gejala gangguan bipolar yang dialami.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.