Cara agar Tubuh Tetap Sehat meski Sering Begadang Nonton Pertandingan Sepak Bola

Jakarta Bagi pencinta sepak bola, menonton klub kesayangan dan kebanggaan berlaga tentu sayang untuk dilewatkan. Apalagi yang mencintai klub dari liga-liga Eropa.

Bagi yang suka klub dari liga Eropa, tentu mengetahui kapan jam pertandingannya. Seperti yang diketahui, siaran langsung pertandingan sepak bola Eropa kebanyakan berlangsung dini hari.

Hal itu karena adanya perbedaan waktu yang cukup lama antara Indonesia dengan negara-negara di Eropa. Kondisi tersebut sering memaksa Anda bangun untuk nonton dini hari.

Bahkan, tak sedikit orang yang rela tidak tidur untuk menunggu dan menonton pertandingan sepak bola. Padahal, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan mendapatkan badan bugar di pagi hari.

Berkurangnya waktu istirahat pada malam hari bisa mengakibatkan beragam keluhan seperti badan lemas, letih, gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat beraktivitas sehari-hari.

Lantas, bagaimana agar kesehatan tak terdampak karena sering begadang? Ada beberapa cara agar tubuh tetap bugar meski sering begadang nonton bola.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat bugar meski sering begadang nonton bola, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (25/5/2022).

Cara agar Sehat Begadang Nonton Bola

1. Cukupi Jam Tidur

Biasanya, durasi minimum waktu tidur orang dewasa sekitar 6 jam sehari. Itu sebabnya, pastikan untuk mencukupi waktu tidur yang tersita karena begadang.

Perlu diingat, kalau tidur merupakan hak tubuh untuk beristirahat. Di lain sisi, Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apabila dalam satu hari jatah tidur berkurang, penuhi segera. Terlebih jika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan serta mengantuk.

2. Camilan dan Minuman

Asupan saat begadang juga menentukan kondisi kesehatan untuk mendukung daya tahan saat begadang. Banyak orang keliru dengan memilih rokok, kopi, makanan kemasan, atau gorengan sebagai kuliner saat begadang.

Padahal, hal itu keliru. Lebih baik, pilih minuman teh ataupun makanan rebus. Makanan tinggi gula, seperti yang ada di dalam makanan kemasan serta minuman bersoda sebaiknya dihindari.

Selain itu, Anda sebisa mungkin harus mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, banyak sayur, dan buah. Hal itu karena kalau pola makan buruk, itu bisa merusak tubuh.

3. Penuhi Asupan Cairan

Nonton bola dini hari berarti Anda bangun pada saat waktu yang seharusnya Anda tidur. Berkegiatan pada waktu yang tidak semestinya membutuhkan asupan yang baik, salah satunya asupan air putih.

Sering kali juga, jika sudah seru menonton bola, Anda malah lupa semuanya, termasuk minum.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga disarankan sebagai persiapan jangka panjang saat begadang. Manfaat olahraga secara rutin adalah membuat kondisi tubuh lebih berstamina daripada biasanya.

Dengan demikian, Anda akan memiliki daya tahan yang lebih baik.

5. Perhatikan Posisi Menonton

Ketika sedang seru menonton pertandingan bola, sering kali Anda terlena dan tidak memperhatikan posisi duduk. PIlihlah kursi yang nyaman sehingga badan Anda tidak pegal setelahnya.

6. Perhatikan Jarak Menonton

Cara tetap sehat meski begadang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jarak menonton. Sebaiknya jangan terlalu dekat karena dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah.

7. Siapkan Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Saat asik menonton bola, terkadang Anda lupa bahwa sudah berada di depan layar televisi atau gawai terlalu lama. Sebaiknya, berikan waktu istirahat sejenak untuk menghindari mata lelah dan pegal pada otot tubuh.

8. Lakukan Peregangan

Jika merasa pegal setelah menonton bola, kemungkinan Anda terlalu lama berada di posisi tertentu saat melihat televisi. Tidak ada salahnya melakukan peregangan otot ketika sedang menonton.

Selain kelelahan, risiko akibat begadang bisa memicu beragam masalah kesehatan, seperti dispepsia, mag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke, dan juga serangan jantung.

Kelelahan bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Tubuh pun lebih mudah terinfeksi virus atau bakteri. Oleh karena itu, diperlukan cara tepat dan sehat guna mengantisipasi risiko kesehatan dari begadang karena nonton bola.

9. Tidur siang

Cara terbaik mengatasi rasa ngantuk adalah tidur. Satu di antara cara yang dapat Anda lakukan untuk menebus kekurangan tidur malam adalah dengan tidur di siang hari.

Namun, pastikan untuk membatasi waktunya tak lebih dari 25 menit. Tidur siang yang terlampau lama, misalnya lebih dari 40 menit, akan malah membuat Anda gusar saat bangun dan justru merasa lebih lemas lagi.

[ Terimakasih Telah Membaca Artikel Kami ]

Apakah Anda Tertarik Produk Stainless Steel? Kami siap membantu!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.